RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Merawat Tubuh)

01 Februari, 2010


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Merawat Tubuh
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.
Bahasa Indonesia
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas
3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas
4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung
2.
Matematika
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 2
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahandan pengurangan sampai 20
1.2.6 Membilang loncat 2, 3, 4, atau 5
1.2.7 Melengkapi urutan bilangan
1.3.1 Menjumlahkan 2 kumpulan benda
1.3.2 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka
1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
3
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.3 Membiasakan hidup sehat
1.1.2 Menjelaskan kegunaan anggota tubuh
1.1.3 Menggosok gigi dengan benar
1.1.4 Menjelaskan cara merawat anggota tubuh
1.3.10 Menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
4
Seni Budaya dan Keterampilan
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
11.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
2.1.2 Menggambar wajah diri sendiri
4.5.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas
11.1.1 Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya
5
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
5.1.1 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh
5.1.2 Menjelaskan cara merawat kesehatan tubuh
12.1.1 Mempraktikkan cara menggosok gigi

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal
Kegiatan Belajar
Waktu
Sarana Sumber
Catatan Guru
I.
Pembukaan:
1. Bermain loncat-loncatan di halaman sekolah.
2. Menjelaskan pengertian meloncat.
Inti
3. Membilang loncat 2,3,dan 4.
4. Melengkapi urutabn bilangan loncat.
Penutup
5. Menyanyikan kembali lagu Satu, Dua, Tiga, Empat ciptaan Pak Kasur.
50 menit
60 menit 45 menit
20 menit
Teknik permainan.
Lambang bilangan loncat.
Garis bilangan.
Teks lagu Satu,Dua, Tiga, Empat.

II.
Pembukaan:
1. Mendengarkan cerita yang berjudul Belajar Bersama.
Inti
2. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 2 bilangan 1 angka.
3. Menjumlahkan 2 kumpulan benda.
4. Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dengan cara bersusun.
Penutup
5. Menyanyikan lagu yang berjudul Tanganku Ada Dua ciptaan Pak Kasur.
20 menit
50 menit
35 menit 35 menit
35 menit
Naskah cerita Belajar Bersama.
Benda-benda di dalam kelas.
Gambar-gambar benda.
Teks lagu Tanganku Ada Dua

III.
Pembukaan:
1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Tanganju Ada Dua ciptaan Pak Kasur.
2. Bertanya jawab tentang isi lagu.
Inti
3. Menjelaskan fungsi anggota tubuh dengan praktik langsung.
4. Memasangkan gambar anggota tubuh sesuai kegunaannya.
5. Menjelaskan cara merawat anggota tubuh.
6. Menjelaskan akibat tidak merawat tubuh.
7. Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk merawat tubuh dengan cara memasangkan gambar.
Penutup
8. Mendengarkan cerita yang berjudul Bau Mulut.
15 menit
35 menit
25 menit
30 menit
30 menit
25 menit
15 menit
Teks lagu Tanganku Ada Dua.
Anggota tubuh.
Gambar-gambar anggota tubuh.
Alat-alat kebersihan ( sabun,sampho, sikatgigi, sisir, contton bud, pemotong kuku dll.)
Cerita Bau Mulut.

IV.
Pembukaan:
1. Bermain pantomim merawat tubuh bersama kelompoknya.
Inti
2. Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh dengan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
3. Menjelaskan akibat tidak menjaga kesehatan dengan memasangkan gambar
4. Praktik menggosok gigi
Penutup
5. Melengkapi gambar wajah.
25 menit
45 menit
15 menit
55 menit
35 menit
Teknik permainan.
Gambar-gambar anak menjaga kesehatan dan anak tidak menjaga kesehatan tubuh.
Sikat gigi, odol, gelas/gayung, air bersih.
Gambar sketsa wajah.

V.
Pembukaan:
1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Tangnku Ada Dua ciptaan Pak Kasur.
Inti
2. Mengamati gambar anggota tubuh.
3. Menirukan kata-kata yang di baca guru.
4. Membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana penekanan huruf s, k, g, t.
5. Menulis hurus, suku kata, kata, dan kalimat sedehana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung.
Penutup
6. Menyanyikan lagu Bangun Tidur.
10 menit
10 menit
30 menit
40 menit
70 menit
15 menit
Teks lagu Tanganku Ada Dua.
Gambar-gambar anggota tubuh.
Kartu huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Teks lagu Bangu Tidur.

III. Penilaian

No
Mata Pelajaran
Penilaian
Keterangan
Bentuk
Teknik
1.
Bahasa Indonesia
Tertulis
Kinerja
Isian singkat/
Melengkapi kalimat
Uraian terbatas
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format Penilaian
2.
Matematika
Tertulis
Isian singkat/ melengkapi kalimat
Soal terlampir
3.
Ilmu Pengetahuan Alam
Tertulis
Kinerja
Pilihan ganda
Isian Singkat
Uraian terbatas
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format Penilaian
4.
Seni Budaya dan Ketrampilan
Produk
Kinerja
Analitik
Skala Penilaian
Format Penilaian
5.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kinerja
Skala Penilaan
Format Penilaian
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Nilai akhir
Lafal
Intonasi
Kebenaran

























Mata Pelajaran : IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menggosok gigi dengan benar
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian

Kelengkapan alat
Kebenaran
Kebersihan
Kebenaran
























Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas
Mrngindentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Keberanian
ekspresi
vokal
























Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menggambar wajah diri sendiri
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kerapian
Komposisi warna
Kesesuaian
























...................., .................... 20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________

0 comments

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi