RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Lingkungan (sub tema: Kegunaan Benda-benda di Sekolah)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 10/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Lingkungan

Subtema : Kegunaan Benda-benda di Sekolah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah

1.3.2 Membandingkan sikap rukun dan tidak rukun di rumah

1.3.4 Mengidentifikasi penyebab hidup tidak rukun

1.3.5 Menjelaskan akibat hidup tidak rukun

2.

Bahasa Indonesia

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

1.1.2 Mencari kata-kata baru dengan bunyi yang sama

1.1.3 Membaca kata-kata yang bunyinya sama

1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita

2.3.2 Menebak nama benda sesuai ciri-cirinya

2.3.3 Mendeskripsikan nama sesuai ciri-cirinya

3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung

4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

3.3. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar

3.1.4 Mencari persamaan dari beberapa benda

3.1.5 Mencari perbedaan dari beberapa benda

3.2.1 Mengubah bentuk benda dengan berbagai macam cara

3.2.2 Menjelaskan cara mengubah bentuk benda

3.2.3 Mengelompokkan benda-benda yang mudah dan sulit diubah bentuknya

3.3.1 Menyebutkan benda-benda yang ada dilingkungan sekolah

3.3.2 Menyebutkan fungsi dari benda-benda di lingkungan sekolah

3.3.3 Menjelaskan cara merawat benda

3.3.4 Mendemonstrasikan cara menggunakan benda

4

Seni Budaya dan Keterampilan

4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal

10.2 Memeragakan dinamika sederhana

4.2.2 Menyanyikan salah satu lagu wajib nasional

10.2.1 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan keras lembutnya (dinamik)

5

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi

6.1.1 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Kembali ke Sekolah ciptaan A.T. Mahmud.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu.

Inti:

3. Mengamati gambar benda-benda di kelas, kemudian mendata kegunaan benda-benda tersebut

4. Menuliskan kegunaan benda-benda di kelas ke dalam tabel

5. Mengamati gambar benda kemudian mendeskripsikan benda berdasarkan cirri-ciri benda tersebut dengan menyebutkan bentuk, bahan, warna, dan kegunaannya.

6. Menjelaskan cara merawat benda.

7. Mendemonstrasikan cara menggunakan benda.

Penutup:

Menyanyikan lagu berjudul Bersihkan Halaman.

25 menit

20 menit

25 menit

35 menit

15 menit

35 menit

20 menit

Teks lagu Kembali ke Sekolah.

Benda-benda di kelas.

Gambar-gambar benda-benda di kelas

Teks lagu Bersihkan Halaman

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan kembali lagu berjudul Bersihkan Halaman ciptaan A.T. Mahmud.

2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu

Inti:

3. Mengamati benda-benda di luar kelas

4. Menjelaskan kegunaan benda-benda di luar kelas

5. Menuliskan nama benda dan kegunaannya ke dalam tabel

6. Menebak benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya.

7. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

8. Membaca nyaring bacaan berjudul Perpustakaan.

9. Mengucapkan kata-kata dengan diftong ai dan au

10. Mencari kata-kata yang mengandung diftong ai dan au.

Penutup:

1. Mendengarkan cerita berjudul Harta di Perapian.

20 menit

15 menit

20 menit

25 menit

20 menit

10 menit

15 menit

15 menit

20 menit

15 menit

Teks lagu Bersihkan Halaman

Benda-benda di luar kelas.

Bacaan Perpustakaan

Cerita Harta di Perapian

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Tukang Kayu ciptaan Pak Dal

2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu

Inti:

3. Menentukan persamaan dan perbedaan benda berdasarkan gambar

4. Menyebutkan perbedaan benda-benda dengan mengamati gambar

5. Menyusun kata-kata menjadi kalimat dimulai dengan kata yang tebal

6. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung.

Penutup:

7. Mendengarkan cerita berjudul Si Putih dan Si Belang

20 menit

35 menit

35 menit

30 menit

35 menit

20 menit

Teks lagu Tukang Kayu.

Benda-benda di dalam kelas.

Gambar benda-benda.

Kata dan kalimat sederhana.

Cerita Si Belang dan Si Putih

IV.

Pembukaan:

1. Menyanyikan kembali lagu Tukang Kayu ciptaan Pak Dal.

2. Guru memperagakan cara menebang pohon, memotong kayu, dan memukul paku

Inti:

3. Mengamati kegiatan yang dilakuan guru ketika mengubah bentuk benda, misalnya memotong roti dan memotong buah.

4. Praktik mengubah pentuk benda.

5. Menjawab pertanyaan tentang perubahan benda

6. Menuliskan cara-cara perubahan bentuk benda ke dalam tabel.

7. Membuat benda dari plastisin atau tanah liat

Penutup:

8. Melakukan permainan Kucing dan Tikus

20 menit

10 menit

30 menit

10 menit

30 menit

50 menit

25 menit

Teks lagu Tukang Kayu

Gunting, pisau, korek, buah, roti, kertas plastisin

Teknik permainan Kucing dan Tikus.

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Inti:

2. Praktik mematahkan sapu lidi dan lidi dengan menggunakan tangan

3. Menyebutkan benda yang mudah dan sulit diubah bentuknya dengan cara memberi tanda cek (). pada table.

4. Menyebutkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun melalui pegamatan gambar.

5. Mengamati gambar kemudian menuliskan tindakan yang benar sesuai gambar

6. Membaca bacaan berjudul Anak Nakal

7. Menjelaskan penyebab hidup tidak rukun

Penutup:

8. Mendengarkan cerita Petak Umpet

20 menit

20 menit

30 menit

35 menit

35 menit

20 menit

15 menit

Teks lagu Satu NUsa Satu Bangsa

Sapu lidi, lidi

Gambar-gambar tentang hidup rukun.

Bacaan Anak Nakal

Cerita Petak Umpet

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pend. Kewarganegaraan

Tertulis

Pilihan ganda

isian singkat/melengkapi kalimat

Soal terlampir

2

Bhs Indonesia

tertulis

kinerja

isian singkat/melengkapi kalimat

skala penilaian

Soal, format dan aspek penilaian, terlampir.

3.

IPA

Tertulis

Kinerja

Pilihan Ganda

Isian singkat

Uraian Terbatas

Skala penilaian

Soal, format dan aspek penilaian, terlampir

4.

SBK

Kinerja

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

5

Penjaskes

kinerja

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Format Penilaian

Mata Pelajaran : IPA

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mendemonstrasikan cara menggunakan benda

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesesuaian kegunaan benda

Cara penggunaan

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Menyanyikan lagu dengan memperhatikan keras lembutnya

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Dinamika

ritme

ekspresi

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

kerjasama

Sportivitas

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi