RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Berkebun)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 21/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Pengalaman

Subtema : Pengalaman Berkebun

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Bahasa Indonesia

5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

5.1.2 Mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya

6.1.3 Menceritakan isi gambar

seri sesuai urutan

7.1.1 Membaca teks dengan

lancar dan intonasi yang

tepat

7.2.1 Membaca puisi dengan

intonasi yang benar

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar

8.1.4 Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

8.2.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

2.

Matematika

4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka

4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar

2.3.1 Merawat tanaman agar tumbuh subur

2.3.2 Menjelaskan cara merawat tanaman agar tumbuh subur

2.3.3 Menjelaskan keuntungan

merawat tanaman

4.

Seni Budaya dan Ketrampilan

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individul, kelompok maupun klasikal

4.5.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas

5.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri

6.3 Memraktikkan gerak dasar menangkap objek berbagai ukuran dalam permainan sederhana dan kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab

1.1.3 Mempraktikkan gerakan

lari dan melompat

6.3.1 Memraktikan gerak melempar benda ke objek tertentu

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Mendengarkan cerita tentang pengalaman Bima berkebun di rumah kakek.

Inti

2. Menceritakan gambar seri dengan bahasa anak sendiri.

3. Menjelaskan cara merawat tanaman.

4. Menyanyikan lagu anak-anak secara individu di depan kelas.

5. Melengkapi kalimat berdasar kata yang tepat.

6. Membuat kalimat dengan kata yang tepat.

Penutup

7. Mendengarkan cerita yang berjudul “Berkebun Yuk”

35 menit

105 menit

35 menit

Cerita pengalaman Bima. Buku Tematik 1E halaman102

Gambar-gambar.

Buku Tematik 1E halaman103-106

Cerita “Berkebun Yuk”

Buku Tematik 1E halaman 106-108.

II.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Menanam Jagung ciptaan Ibu Sud.

Inti

2. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Menanam Jagung.

3. Melengkapi kalmat sesuai isi bacaan.

4. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.

5. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 3 bilangan satu angka.

Penutup

6. Bermain bola keranjang

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Menanam Jagung. Buku Tematik 1E halaman 108-109.

Teks bacaan Menanam jagung.

Buku Tematik 1E halaman 109-112

Bola tennis, keranjang

Teknik permaianan. Buku Tematik 1E halaman 113.

III

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Menanan Jagung.

Inti

2. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Menanan di Pot.

3. Menjawabpertanyaan sesuai isi bacaan.

4. Praktik merawat tanaman

5. Menceritakan gambar seri tentang cara menanam.

Penutup

6. Membaca puisi yang berjudul Tanamanku.

7. Menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Menananm Jagung.

Bacaan yang berjudul Menanan di Pot.

Pot, pupuk, tanah, benih atau bibit tanaman, sarung tanagn

Gambar-gambar

Buku Tematik 1E halaman116-118

Puisi “Tanamanku”

Buku Tematik 1E halaman118.

IV

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul “Buah Apa Itu” ciptaan Pak Kasur.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Berkebun.

3. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secar lengkap.

4. Menyebutkan nama dan kegunaan benda-benda / alat untuk berkebun.

5. Membuat kalimat berdasarkan gambar.

6. Menentukan hasil kebun dengan melengkapi tabel.

7. Menebak nama buah atau tanaman berdasarkan ciri-ciri fisiknya.

8. Menuliskan kalimat dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar.

Penutup

Mendengarkan cerita yang berjudul Bungan Mawar untuk Ibu.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Buah Apa Itu”

Bacaan yang berjudul Berkebun.

Pot, sabit. Gembor. Cangkul gunting rumput.

Gambar-gambar alat-alat untuk berkebun.

Buku Tematik 1E halaman121-127.

Cerita “Bunga mawar untuk Ibu”

Buku Tematik 1E hal 128-129.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Lihat Kebunku.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Bunga Mawar.

3. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan lengkap.

4. Menebak nama tanaman berdasarkan ciri-ciri fisiknya.

5. Membuat kalimat sesuai gambar.

6. Menjelaskan keuntungan merawat tanaman.

7. Menuliskan kembali kalimat yang didiktekan guru.

Penutup

Mendengarkan cerita yang berjudul Pohon Si Kaya Manfaat.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Lihat Kebunku.

Bacaan “ Bunga Mawar”

Bunga melati, mawar.

Gambar-gambar

Buku Tematik 1E halaman 130-134.

Cerita “Pohin Si Kaya Manfaat”.

Buku Tematik 1E halaman 135-136.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bahasa Indonesia

2.

Matematika

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

4.

Seni Budaya dan Ketrampilan

5.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi