RPP Kelas 2 Format Matriks Tema Lingkungan Rumah (sub tema: Ciri-ciri Benda)

03 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 02 / Lingk. Rmh / 2 / Ganjil / ........

Satuan Pendidikan :

Kelas : 2

Tema : Lingkungan Rumah

Subtema : Ciri-ciri Benda

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

NO

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

1.

Bahasa Indonesia

Berbicara

2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

2.1.2 Melakukan tanya jawab berdasarkan teks tentang kegiatan sehari-hari

2.1.3 Menanggapi isi percakapan

Membaca

3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar

Menulis

4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

3.1.1 Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat

3.1.2 Menjawab dan mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca

4.1.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

2.

Matematika

1.1 Membandingkan bilangan sampai 500

1.1.3 Menentukan suatu bilangan lebih kecil, lebih besar atau sama besar dengan bilangan lain

1.1.4 Membandingkan suatu bilangan dengan menuliskan tanda > , < atau =" dengan">

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar

2.1.2 Menceritakan ciri-ciri benda padat dan benda cair

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya

1.1.2 Mengidentifikasi dokumen diri dan dokumen keluarga

5.

Pendidikan

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan, dan memahami diri sendiri

1.2.2 Melakukan permainan sederhana


II. Kegiatan Belajar

Hari/Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana/Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dan menyebutkan ciri-ciri benda pada gambar

Inti:

2. Mengelompokkan benda padat dan benda cair dengan mengisi tabel

3. Melakukan percobaan benda padat dan benda cair dan mencatat hasil percobaan

4. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan

Penutup:

5. Menyanyikan lagu berjudul Main Musik

40 menit

105 menit

30 menit

Gambar keluarga Bima di teras rumah dan benda-benda di sekitarnya

Pensil, cangkir, gelas, mangkok, air ,tabel

Lagu Main Musik

II

Pembukaan:

1. Melakukan percakapan

Inti:

2. Membandingkan banyak benda dengan menjawab pertanyaan -pertanyaan

3. Membandingkan bilangan dengan kata lebih besar,sama besar,atau lebih kecil

4. Mengisi tabel tentang menyatakan perbandingan banyak benda dan bilangan dengan lambang <, > , atau =

Penutup:

5. Bermain petak jongkok

35 menit

95 menit

45 menit

Teks percakapan

Gambar percakapan, tabel, bilangan, simbol < , > , =

Guru , lapangan

III

Pembukaan:

1. Melakukan percakapan

Inti:

2. Menceritakan isi akte kelahiran Bima, kemudian menuliskan data diri Bima

3. Menceritakan data diri sendiri, kemudian menuliskan data diri itu dengan mengamati akte kelahiran

4. Mendengarkan data diri teman kemudian menuliskannya pada tabel

5. Membaca teks bacaan dan melengkapi kalimat sesuai bacaan

Penutup:

6 .Menyanyikan lagu Hadiah untuk Adik

30 menit

115 menit

30 menit

Teks percakapan

Identitas diri , akte kelahiran,

bacaan

Lagu Hadiah untuk Adik

IV

Pembukaan:

1. Membaca teks pendek

Inti:

2. Melakukan percakapan

3. Mengenal tokoh dalam cerita

4. Membuat kalimat menggunakan nama-nama tokoh pada bacaan

5. Menceritakan kembali percakapan dengan kata-kata sendiri,kemudian menuliskannya dengan huruf tegak bersambung

Penutup:

6. Mendengarkan cerita Beki tertangkap

basah

15 menit

105 menit

35 menit

Teks pendek

Teks percakapan

Cerita Beki tertangkap Basah

v

Pembukaan

1. Membaca teks yang berjudul Membantu Orang Tua

Inti:

2. Menjawab pertanyaan sesuai bacaan

3. Melengkapi cerita menggunakan kata-kata yang tepat tentang membantu orang tua

Penutup:

4. Menuliskan pesan dan kesan tentang

membantu orang tua

20 menit

120 menit

35 menit

Bacaan

Gambar kegiatan membantu orangtua

Kertas kosong untuk menulis pesan


III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bahasa Indonesia

Kinerja, tertulis

Skala penilaian, isian, uraian

2.

Matematika

Tertulis

Pilihan ganda, benar salah

3.

IPA

Tertulis

Uraian

4.

I P S

Tertulis

Isian

5.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kinerja

Skala penilaian

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas 2

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi