RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Menggerakkan Benda)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 18/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Pengalaman

Subtema : Menggerakkan Benda

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

4.2 Melaksanakan aturan

yang berlaku di masyarakat

4.2.6 Membantu sesama yang membutuhkan

2.

Bahasa Indonesia

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

5.2 Menyebutkan isi dongeng

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

4.3.5 Menulis huruf kapital dengan benar

5.2.1 Mendengar cerita yang di ceritakan guru

5.2.2 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita yang didengar

6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan

6.2.1 Membaca percakapan dengan intonasi yang tepat

7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

1. 4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan

4.1.1 Mengelompokan berbagai bentuk benda

4.1.2 Mengelompokkan benda yang mudah dan yang sulit bergerak

4.1.3 Menjelaskan alasan benda mudah bergerak

4.1.4 Menjelaskan alasan benda sulit bergerak

4.1.5 Menjelaskan cara menggerakkan benda

4.1.6 Menyebutkan bentuk gerak benda

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.2 Menceritakan pengalaman diri

1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek

2.2.1 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting, menempel dan membentuk

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.2 Memraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab

6.2.2 Melakukan gerak mengayun dengan alat sederhana

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Mendengarkan cerita yang berjudul Pengalaman di Rumah Kakek.

Inti

2. Menjawab pertanyaan secara lengkap sesuai isi cerita.

3. Menceritakan gambar seri tentang tanah longsor.

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.

5. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung.

Penutup

6. Bermain “Naik Tanggul Turun Kali”

35 menit

105 menit

35 menit

Cerita yang berjudul Pengalaman di Rumah Kakek

Gambar seri tentang tanah longsor.

Buku Tematik 1 E halaman 2-8.

Teknik Permainan “Naik Tanggul Turun kali.

II.

Pembukaan

1. Memerankan percakapan antara Bima dan Bu Dian.

Inti

2. Melakukan percobaan menggelindingkan benda pada bidang miring secara bergantian

3. Mengelompokkan benda yang mudah atau yang sulit bergerak berdasarkan bentuknya sesuai percobaan dengan mengisi tabel yang telah tersedia.

4. Melengkapi kalimat dengan kata mudah bergerak atau sulit bergerak.

Penutup

5. Menggulirkan bola menurut garis lurus secara bergantian dalam kelompok.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks percakapan

Buku Tematik 1 E halaman 9-10.

Benda-benda yang berbentuk tabung, balok., bola, dan benda tak beraturan.

Tabel Bidang miring.Buku Tematil 1E halaman 10 – 13.

Bola besar.

Kapur

III

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang bejudul Layang-Layang ciptaan AT. Mahmud.

Inti

2. Melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa benda yang berat sulit bergerak dan benda yang ringan mudah bergerak,
Menuliskan benda yang mudah dan sulit bergerak karena berat atau ringannya benda tersebut.

3. Memperagakan cara menggerakkan benda.
Menyebutkan macam-macam cara menggerakkan benda.

Penutup

4. Membuat kincir angin dari kertas lipat.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Layang-Layang. Buku Tematik 1E halaman 15.

Benda-benda yang ringan dan berat ( batu, buku, kertas, kapur, tisu, plastik, kain, daun)

Buku Tematik 1E halaman 16-19.

Ketas lipat, lidi benang, lem, gunting.

Buku Tematik 1E halaman 20-21.

IV

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu Layang-Layang.

Inti

2. Melakukan percobaan tentang bentuk gerak benda dengan menugasi siswa untuk menedang bola, menyentil kelereng, memutar kincir angin, melempae bola, dan menjatuhkan bola.
Mengamati bentuk gerak benda dari hasil percobaan.

3. Melengkapi kaliamt berdasarkan gambar.

4. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Mengebut di Jalan. Dilanjutkan menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara lengkap.

5. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung dan huruf kapital yang tepat . (huruf kalpital F dan H).

Penutup

6. Mendengarkan cerita yang berjudul Suara di Malam Hari.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Layang-Layang.

Bola kaki, bola tennis, kelereng, baling-baling.

Gambar-gambar.

Buku Tematik 1 E halaman 22-28.

Contoh penulisan huruf kapital.

Cerita yang berjudul Suara di malam hari. Buku Tematik 1E halaman 29-31.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Hujan Ciptaan Ibu Sud.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Korban Tanah Longsor.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Menjelaskan kewajiban yang harus dilakukan terhadap sesama.

5. Melengkapi kalimat dengan kata yang sama artinya..

6. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung dan huruf kapital O dan L pada awal kalimat dan nama diri.

Penutup

7. Mendengarkan cerita yang berjudul Hujan dan Panas.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu yang berjudul “Hujan”

Buku Tematik 1E halaman 32.

Buku Tematik 1E halaman 33-34.

Gambar-gambar.

Buku Tematik 1E halaman 34-35.

Buku Tematik 1E halaman 36-37.

Cerita yang berjudul Hujan dan Panas. Buku Tematik 1E halaman37-38.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

2.

Bahasa Indonesia

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi