RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Ruangan Dalam Rumah)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 26/Energi/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Energi

Subtema : Ruangan dalam Rumah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya

3.2 Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah

3.1.3 Menceritakan pengalaman saat mengajukan pendapat

3.2.3 Menjelaskan akibat tidak menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab

2.

Bahasa Indonesia

5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

5.1.2 Mendeskripsikan benda-benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya

6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan

6.4.1 Menyebutkan tokoh- tokoh dalam dongeng

6.4.2 Menjelaskan sifat tokoh dalam dongeng

6.4.3 Memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang sesuai

7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat

8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar

3.

Matematika

4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka

4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan

4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka

4.4.6 Menjumlahkan 3 bilangan secara berturut-turut

4.5.1 Menggunakan sifat operasi pengelompokan untuk mempermudah penghitungan

4.5.2 Menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan

4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan 2 angka

4.6.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 3 bilangan

4.

Ilmu Pengetahuan sosial

2.2 Mendeskripsikan letak rumah

2.2.1 Menyebutkan ruangan-ruangan di dalam rumah

2.2.2 Menjelaskan kegunaan ruangan-ruangan di dalam rumah

2.2.3 Menyebutkan benda-benda yang ada di dalam setiap ruangan

5.

Seni Budaya dan Keterampilan

8.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif

8.1.1 Mengekspresikan diri melalui gambar

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.2 Memraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

6.2.4 Memindahkan bola ke obyek tertentu

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Rumah kami ciptaan A.T. Mahmud.

Inti

2. Mengamati denah rumah untuk menyebutkan ruangan-ruangan dalam rumah/

3. Menjelaskan kegunaan ruangan dalam rumah dengan melengkapi kalimat berdasarkan gambar.

4. Menuliskan ruangan-ruangan yang ada di rumah siswa masing-masing.

5. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

6. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung dengan huruf besar yang tepat.

Penutup

7. Menggambar rumah yang asri menurut kreasi siswa masing-masing.

8. Siswa diberi tugas untuk mencari gambar rumah yang asri dan menempelnya pada buku Tematik 1 F Grasindo halaman 105.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Rumah Kami”

Denah rumah.

Gambar ruangan-ruangan dalam rumah.

Tematik 1 F Grasindo halaman100-105.

II.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Bangun Tidur.

Inti

2. Mengamati gambar benda-benda yang ada di rumah.

3. Mengelompokkan benda-benda yang ada di rumah sesuai tempatnya.

4. Mengindentifikasi benda-benda di rumah berdasarkan gambar.

5. Menjumlahkan tiga bilangan dua angka dan satu angka.

Penutup

6. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Kura-kura dan Tali.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Bangun Tidur.

Gambar benda-benda yang ada di rumah.

Tematik 1 F Grasindo halaman106-112.

Cerita ” Kura-kura dan Tali.

Tematik 1 F Grasindo halaman 112-114.

III

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul bangun Pemudi Pemuda ciptaan MP. Simanjuntak.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Musyawarah Keluarga.

3. Menjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap.

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai gambar.

5. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan onjumlahan tiga bilangan.

Penutup

6. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Pindah Rumah.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Bangun Pemudi Pemuda.

Bacaan “Musyawarah Keluarga”.

Gambar tentang musyawrah keluarga.

Tematik 1 F Grasindo halaman 115-118.

Cerita ”Pindah Rumah” Tematik 1 F Grasindo halaman119-121

IV

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul bangun Pemudi Pemuda ciptaan MP. Simanjuntak.

Inti

2. Membaca bacaan yang berjudul Mengatur Ruangan.

3. Menjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap.

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang berlawanan.

5. Mengunakan sifat pertukaran pada penjumlahan

Penutup

6. Bermain memindahkan bola scara kelompok.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Bangun Pemudi Pemuda

Bacaan “Mengatur Ruangan”

Tematik 1 F Grasindo hal. 122-126.

Bola, buku gambar, bola, kaleng.

Teknik permainan. Tematik 1 F Grasindo hal.127-128.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Layang-layang.

Inti

2. Menceritakan gambar tunggal dengan bahasanya sendiri.

3. Menuliskan ceritanya dengan tulisan tegak bersambung.

4. Mengunakan sifat pertukaran pada penjumlahan

Penutup

5. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Tempat Singgah bagi Para Burung

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu ”Layang-layang”

Gambar tunggl

Tematik 1 F Grasindo halaman128-130.

Cerita ”Tempat Singgah bagi Para Burung”

Tematik 1 F Grasindo hal. 130-132.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

2.

Bahasa Indonesia

3.

Matematika

4.

Ilmu Pengetahuan sosial

5.

Seni Budaya dan Keterampilan

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

...................., .................... 200...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi