RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Lingkungan (sub tema: Tata Tertib di Rumah)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 11/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Lingkungan

Subtema : Tata Tertib di Rumah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

2.2.1 Menyebutkan tata tertib di rumah

2.2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah

2.2.3 Menjelaskan manfaat melaksanakan tata tertib di rumah

2.2.4 Menjelaskan akibat melanggar tata tertib di rumah

4.1.1 Menerapkan tata tertib di rumah

4.1.2 Menerapkan tata tertib di sekolah

2.

Bahasa Indonesia

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

4.4.3 Melengkapi kalimat berdasarkan gambar

6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan

6.1.2 Menceritakan gambar tunggal tentang peristiwa menyedihkan

6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan

3

Matematika

2.1 Menentukan waktu

(pagi,siang, malam),

hari, dan jam (secara

bulat)

2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung

2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

2.1.1 Membedakan kegiatan yang dilakukan pada waktu pagi, siang, atau malam

2.1.2 Membaca jam yang ditunjukkan oleh jarum jam analog

2.1.3 Menulis waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog

2.1.4 Menggambar jarum jam sesuai waktu yang ditentukan

2.2.1 Menghitung lama suatu kegiatan

2.2.2 Membandingkan lama suatu kegiatan

2.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.2 Menceritakan pengalaman diri

2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

1.2.1 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyenangkan

1.2.2 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyenangkan

1.2.3 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyedihkan

1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan

2.1.1 Menyebutkan peristiwa penting yang dialami dalam keluarga

2.1.2 Menceritakan salah satu peristiwa penting dalam keluarga

5

Seni Budaya dan Keterampilan

4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

10.1 Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana

4.3.1 Menyanyikan lagu anak-anak sambil bertepuk sesuai irama

10.1.1 Menunjukkan kesesuaian tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

1.3.3 Memraktikkan gerak dasar mendribel bola

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Kring Kring Kring ciptaan Pak Kasur.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu.

Inti:

3. Membaca nyaring bacaan Hadiah Ulang Tahun.

4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.

5. Mengamati gambar pengalaman menyenangkan dan menceritakan isi gambar

6. Menuliskan cerita pengalaman yang menyenangkan

Penutup:

7. Menyanyikan lagu Ulang tahun

25 menit

20 menit

20 menit

40 menit

50 menit

20 menit

Lagu Kring,Kiring, Kring.

Bacaan Hadiah Ulang tahun

Gambar-gambar pengalaman menyenangkan.

Lagu Ulang Tahun

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Jangan Menangis Adik ciptaan Ibu Sud.

2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu

Inti:

3. Membaca nyaring bacaan berjudul Mainan Tono Rusak

4. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan

5. Mengamati dan menceritakan gambar

6. Menceritakan pengalaman yang menyedihkan

Penutup:

7. Menyanyikan lagu Jangan Menangis Adik

35 menit

20 menit

35 menit

15 menit

50 menit

20 menit

Teks lagu Jangan Menangis Adik

Bacaan Mainan Tono Rusak

Gambar pengalaman menyedihkan

Lagu Jangan Menangis Adik

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Bangun Tidur dan menjawab pertanyaan sesuai isi lagu

Inti:

2. Menceritakan gambar seri tentang tata tertib di rumah.

3. Menuliskan kegiatan-kegiatan tertib di rumah

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

5. Membuat kalimat dengan kata yang telah tersedia

Penutup:

6. Mendengarkan cerita berjudul Setelan Baru

20 menit

50 menit

35 menit

20 menit

30 menit

20 meinit

Teks lagu Bangun Tidur

Gambar seri kegiatan setelah bangun tidur.

Cerita Setelan Baru

IV.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Teka Teki ciptaan Ibu Sud.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

3. Membaca jadwal kegiatan harian

4. Mengamati gambar dan menuliskan waktu yang ditunjukkan jarum jam

5. Menuliskan waktu yang ditunjukkan oleh gambar jam

Pentup:

6. Mendribel bola

25 menit

20 menit

35 menit

35 menit

60 menit

Teks lagu Teka-teki.

Jadwal Kegiatan Harian.

Jam dinding

Gambar jam

Bola

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Teka Teki ciptaan Ibu Sud.

Inti:

2. Membaca jadwal kegiatan

3. Menjawab pertanyaan tentang lama kegiatan sesuai jadwal kegiatan

4. Mengamati gambar anak terlambat masuk sekolah.

5. Menjawab pertanyaan sesuai isi gambar.

6. Menyelesaikan soal cerita tentang waktu.

7. Membandingkan lama suatu kegiatan

Penutup:

8. Mendengarkan cerita berjudul Roti Panggang

35 menit

10menit

25menit

10 menit

25 menit

35 menit

25 menit

15 menit

Teks lagu Teka-teki.

Jadwal kegiatan harian.

Gambar anak terlambat masuk sekolah.

Cerita Roti panggang

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pend. Kewarganegaraan

tertulis

Pilihan ganda
Isian singkat , Uraian terbatas

Soal terlampir

2.

Bhs Indonesia

Kinerja

tertulis

Skala penilaian

Isian Singkat/melengkapi kalimat

Format penilaian terlampir

Soal terlampir

3.

Matematika

tertulis

Isian singkat, Uraian terbatas,

Soal terlampir

4.

IPS

Tertulis

Kinerja

Pilihan ganda

Isian Singkat

Uraian terbatas

skala penilaian

Soal terlampir

Format penilaian terlampir

5.

SBK

Kinerja

skala penilaian

Format penilaian terlampir

6.

Penjaskes

kinerja

skala penilaian

Format penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca teks pendek dengan suaran nyaring

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Format Penilaian

Mata Pelajaran : IPS

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Menceritakan salah satu peristiwa penting dalam keluarga

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kelengkapan ceritera

Orisinilitas cerita

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Produk

Indikator : Menyanyikan lagu anak-anak sambil bertepuk sesuai irama

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Irama

Keseresaian tepukan


Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mempraktikkan gerak dasar mendribel bola

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Tekhnik

Kekuatan fisik

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi