RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Benda-benda di sekitar Kita)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No : 32./ Peristiwa Alam/2/.../ ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Peristiwa Alam

Sub tema : Benda-benda di Sekitar Kita

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1

Bahasa Indonesia

6.1 Menjelaskan isi gamba tung gal atau gambar seri seder hana dengan bahasa yang mudah dimengerti

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang ter diri atas 3-5 kata dengan in tonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru de ngan huruf tegak bersam bung

6.1.4 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita bergambar

7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat

.

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar

Matematika

4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka

4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelom pokan

4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlah an dan pengurangan bilang an 2 angka

6.1 Mengenal segitiga, segiempat, dan lingkaran

6.2 Mengelompokkan

bangun datar menurut

bentuknya

4.4.5 Menjumlahkan dan mengu rangkan bilangan paling besar 99

4.5.2 Menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan

4.6.5 Menyelesaikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurang an bilangan paling besar 99

6.1.1 Menyebutkan macam-macam segitiga

6.1.2 Menjelaskan pengertian segi tiga

6.1.3 Menggambar macam-macam bentuk segitiga

6.1.4 Menyebutkan benda-benda di sekitar yang berbentuk segitiga

6.1.5 Menyebutkan macam-macam segiempat

6.1.6 Menjelaskan pengertian segi empat

6.1.7 Menggambar macam-macam segiempat

6.1.8 Mendata benda-benda di seki tar yang berbentuk segiempat

6.1.9 Mendata benda-benda di seki tar yang berbentuk lingkaran

6.1.10 Menjiplak lingkaran

6.2.1 Mengelompokkan bangun da tar menurut bentuknya

Seni Budaya dan Keterampilan

7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

7.1.1 Menyebutkan warna benda di alam sekitar sesuai aslinya

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerjasama, dan pola hidup sehat

11.2.1 Menerapkan hidup sehat di sekolah dengan cara operasi semut

II. Kegiatan Belajar

Hari/Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana/Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Ke

Gunung.

Inti:

2. Membaca cerita bergam

bar.

3. Menjawab pertanyaan se

suai isi cerita.

4. Melengkapi kalimat de

ngan lawan kata.

5. Menjumlahkan dan me

ngurangkan bilangan.

Penutup:

6. Mendengarkan cerita

Jam Mendung.

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 34

Cerita Bergambar, buku Tematik 1h Grasindo hal 35-40

Cerita Jam Men dung, buku Tematik 1h Grasindo hal 41-43

II

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Ke

Gunung dan menjawab

pertanyaan sesuai isi

lagu.

Inti:

2. Membaca Gunung Mele

tus dengan lancar dan

intonasi yang baik.

3. Menjawab pertanyaan de

ngan lengkap dan sesuai

isi cerita.

4. Membuat kalimat berda

sarkan kata.

5. Menyelesaikan soal cerita

yang berkaitan dengan

penjumlahan dan pengu

rangan.

Penutup:

6. Melakukan operasi semut.

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 44

Bacaan, kata, soal cerita, Buku Tematik 1h hal 44-49

Halaman, tempat sampah

III

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Ke

Gunung dan menjawab

pertanyaan berdasarkan

isi lagu

Inti:

2. Mengamati macam-ma

cam segitiga.

3. Membuat segitiga dengan

kertas lipat.

4. Menebalkan gambar segiti

Ga dengan pensil warna.

5. Menggambar segitiga de

ngan menghubungkan

titik-titik.

6. Menyebutkan benda-ben

da yang berbentuk segi

tiga.

Penutup:

7. Mewarnai gambar dengan

warna yang sesuai.

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 50

Gambar bangun segitiga, benda berbentuk segitiga, buku Tematik 1h Grasindo hal 50-53

Gambar sketsa, pensil warna, Tematik hal 54

IV

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Rotiku

dan menjawab pertanyaan

berdasarkan isi lagu.

Inti:

2. Mengamati gambar ma

cam-macam segiempat.

3. Menggambar segiempat

dengan cara menebalkan

dan menghubungkan

titik-titik dengan garis.

4. Membentuk segiempat

menggunakan kertas

warna.

5. Menyebutkan benda seki

tar yang berbentuk segi

empat.

Penutup:

6. Mendengarkan cerita 300

Tael Perak.

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Rotiku, buku Tematik 1h Grasindo hal 55

Gambar bangun datar, kertas warna,benda sekitar, buku Tematik 1h Grasindo hal 55-59

Cerita 300 Tael Perak, buku Tematik 1h hal 60-62

V

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Rotiku

Inti:

2. Mengamati benda-benda

dan gambar berbentuk

lingkaran.

3. Menjiplak benda berben

tuk lingkaran.

4. Mengelompokkan gambar

bangun datar menurut

bentuknya.

5. Menulis dan memasang

kan nama bangun datar.

Penutup:

6. Mendengarkan cerita

Berperahu.

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Rotiku, buku Tematik 1h Grasindo hal 63

Bacaan, gambar , buku Tematik 1h Grasindo hal 63-68

Cerita Berperahu

Buku Tematik 1h Grasindo hal 68-70

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bahasa Indonesia

2.

Matematika

3.

Seni Budaya dan Keterampilan

4.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

5.

6.

...................., .................... 200...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi