RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Anggota Tubuh)

01 Februari, 2010


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 04/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Anggota Tubuh
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Pendidikan Kewarganegaraan
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
1.1.4 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan suku bangsa
1.1.5 Menjalin kerukunan tanpa membedakan suku, agama, dan jenis kelamin
Bahasa Indonesia
2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitardan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
2.3.1 Mendeskripsikan anggota tubuh
2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerak yang sesuai
3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas
3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas
3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring
4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung
4.4.1 Melengkapi kata dengan huruf yang tepat
4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
Matematika
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 2
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
1.3.7 Mengurangkan sekumpulan benda
1.3.8 Mengurangkan 2 bilangan 1 angka
1.3.11 Mengurangkan 3 bilangan secara berturut-turut
1.4.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.1.2. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh
1.1.4 Menjelaskan cara merawat anggota tubuh
1.1.5 Merasakan pahit, manis, asin, dan asam dari berbagai jenis makanan
1.1.6 Menjelaskan fungsi lidah
Seni Budaya dan Keterampilan
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar
2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek melipat
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
1.2.1 Mewarnai gambar dengan teknik yang benar
2.2.1 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting, menempel, dan membentuk
4.5.2 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara kelompok di depan kelas
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.1.1 Melakukan gerak jalan di tempat sesuai aba-aba
4.2.1 Melakukan gerakan sesuai lagu yang dinyanyikan

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal
Kegiatan Belajar
Waktu
Sarana Sumber
Catatan Guru
I.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu yang berjudul Balonku.
2. Menjelaskan isi lagu yang dikaitkan dengan pengurangan.
Inti
3. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan pengurangan.
4. Mengurangkan 2 kumpulan benda.
5. Mengurangkan 2 bilangan satu angka bilangan paling besar 10.
Penutup
6. Mendengarkan cerita yang berjudul Pencuri di Toko Paman Jesi
15 menit
45 menit
50 menit
45 menit
20 menit
Teks lagu Balonku.
Balon
Benda-benda di dalam kelas.
Benda-benda yang dimiliki siswa.
Bilangan.
Cerita Pencuri di Toko Paman Jesi
II.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu yang berjudul Anak Ayam.
Inti
2. Mengurangkan bilangan satu angka dengan cara bersusun.
3. Mengurangkan 3 bilangan secara berturut-turut.
Penutup
4. Membuat topeng
20 menit
45 menit
40 menit
70 menit
Teks lagu Anak Ayam
Benda-benda di kelas.
Teknik Pengurangan
Kertas karton, kertas warna, lem, gunting, karet gelang.
III.
Pembukaan:
1. Membaca puisi yang berjudul Tubuhku dengan gerakan yang sesuai.
Inti
2. Mendeskripsikan angota tubuh.
3. Membedakan rasa.
4. Memasangkan nama makanan berdasarkan rasanya.
5. Menentukan rasa dari suatu makanan dengan cara memberi tanda cek ( ) pada table.
Penutup
6. Menyanyikan lagu yang berjudul Nama-nama Rasa ciptaan Pak Kasur.
35 menit
35 menit 35 menit 15 menit
20 menit
35 menit
Puisi Tubuhku.
Anggota tubuh.
Gambar-gambar anggota tubuh.
Macam-macam buah, gula, garam, kopi, keju, asam. Pare, dll.
Teks lagu Nama-nama Rasa.
IV.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu yang berjudul Sakit Gigi ciptaan Pak Kasur.
Inti
2. Membaca bacaan pendek yang berjudul Sakit Gigi.
3. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan.
4. Menyusun kata menjadi kalimat.
Penutup
5. Menyanyikan lagu Anggota Tubuh
25 menit
45 menit
35 menit
50 menit
20 menit
Teks lagu Sakit Gigi.
Bacaan Sakit Gigi.
Kartu kata.
Teks lagu Anggota Tubuh.
V.
Pembukaan:
1. Mendengarkan cerita yang berjudul Berbagi Pengalaman.
Inti
2. Membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana, penekanan huruf j,r,w, y.
3. Menuliskan kembali kata-kata yang diucapkan guru.
4. Menulis, huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
Penutup
5. Mewarnai gambar
15 menit
55 menit
20 menit
50 menit
35 menit
Cerita Berbagi Pengalaman.
Kartu huruf, suku kata, dan kata.
Gambar skrtsa sesaji

III. Penilaian

No
Mata Pelajaran
Penilaian
Keterangan
Bentuk
Teknik
1.
Pendidikan Kewarganegaraan
Tertulis
Pilihan Ganda
Isian singkat
Uraian terbatas
Soal terlampir
2.
Bahasa Indonesia
Tertulis
Kinerja
Isian singkat
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format Penilaian
3.
Matematika
Tertulis
Isian singkat
4.
Ilmu Pengetahuan Alam
Tertulis
Kinerja
Pilihan ganda
Isian
Uraian terbatas
Skala penilaan
Soal terlampir
Format Penilaian
5.
Seni Budaya dan Ketrampilan
Produk
Kinerja
Analitik
Skala Penilaian
Format Penilaian
6.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kinerja
Skala Penilaan
Format Penilaian
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Nilai akhir
Lafal
Intonasi
Keberanian
Mata Pelajaran : IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Merasakan pahit, manis, asin, dan asam dari berbagai jenois makanan
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Ketepatan menebak
Keberanian
Waktu menebak
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Keberanian
ekspresi
vokal
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Mengekpresikan diri melalui teknik menggunting, menempel, dan membentuk
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kelengkapan alat
Kerapian
Hasil

Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan gerak jalan di temapat sesuai aba-aba
Melakukan gerak sesuai lagu yang dinyanyikan
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kesesuaian dengan aba-aba
Percaya diri
kedisiplinan
...................., .................... 20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________

0 comments

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi