RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Pengalaman (sub tema: Pengalaman Bermain)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 20/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Pengalaman

Subtema : Pengalaman Bermain

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar, dengan gembira, dan didengar pendapatnya

3.2 Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah

4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

3.1.5 Menyebutkan hak-hak siswa di sekolah

3.2.1 Menjelaskan sikap anak setelah bermain dan belajar

3.2.2 Menggunakan haknya dalam bermain dan belajar dengan penuh tanggung jawab

3.2.3 Menjelaskan akibat tidak menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab

4.1.6 Menjelaskan akibat tidak melaksanakan tata tertib di sekolah

2.

Bahasa Indonesia

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3- 5 kata dengan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

4.3.5 Menulis huruf kapital dengan benar

6.4.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam dongeng

6.4.2 Menjelaskan sifat tokoh dalam dongeng

6.4.3 Memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang sesuai

7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

8.1.4 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

3.

Matematika

4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

4.3.1 Menyebutkan nilai tempat suatu bilangan 2 angka

4.3.2 Menentukan nilai angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya

4.3.4 Menjumlahkan nilai angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya

4.3.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan nilai tempat

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan

4.1.6 Menyebutkan bentuk gerak benda

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek

2.2.3 Mengekspresikan diri melalui teknik menyobek dan menempel

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.2 Memraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, atau menekuk, dalam permainan sederhana dan nilai kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab

9.1 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu serta nilai estetika

6.2.4 Memindahkan bola ke obyek tertentu

9.1.1 Melakukan gerak bebas

sesuai irama

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul “Mari Bertamasya” ciptaan Ibu Sud.

Inti

2. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Tamansya.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Menuliskan bentuk gerak dari alat permainan di taman hiburan.

5. Mengelompokkan benda di sekitar yang bentuk gerakannya seperti alat permainan di taman hiburan.

6. Menyusu kata menjadi kalimat.

7. Menulis tegak bersambung dengan menggunakan huruf besar S dan V pada awal kalimat dan nama diri.

Penutup

8. Menyanyikan lagu yang berjudul “Main Ayunan”.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Mari Bertamasya”

Buku Tematik 1E halaman 74.

Teks pendek yang berjudul Tamasaya.

Gambar-gambar alat permainan di taman hiburan.

Buku Tematik 1E halaman 76-79.

Contoh penulisan huruf kapital S dan V.

Teks lagu “Main Ayunan” Buku Tematik 1E halaman 79-80.

II.

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Tamasya.

Inti

2. Menentukan nilai angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya.

3. Menghitung 2 kumpulan benda berdasarkan nilai tempatnya.

4. Menghitung 2 bilangan berdasarkan nilai tempatnya.

Penutup

5. Menempelkan potongan kertas warna kecil-kecil pada gambar buah dengan rapi.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Tamasya”.

Buku Tematik 1E halaman81

Kumpulan benda yang dikelompokkan sepuluh-sepuluh.

Gambar-gambar.

Buku Tematik 1E halaman 82-83.

Kertas warna.

Gambar sketsa buah. Buku Tematik 1E halaman 83.

III

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu “Bilangan Dua Angka” dengan nada lagu Sayang Semua.

Inti

2. Bermain kartu bilangan untuk menentukan nilai tempat suatu bilangan.

3. Mewarnai bilangan sesuai nilai tempatnya.

4. Menentukan ilai tempat suatu bilangan.

5. Melengkapi bilangan berdasarkan nilai tempatnya.

Penutup

6. Mendengarkan cerita yang berjudul “Ayam Jantan Bodoh”.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Bilangan Dua Angka”

Buku Tematik 1E halaman 84.

Kartu bilangan.

Pensil warna.

Buku Tematik 1E halaman84-86.

Cerita “Ayam Jantam Bodoh”

Buku Tematik 1E halaman86-88.

IV

Pembukaan

1. Menyanyikan lagi yang berjudul “Ke Pekan” ciptaan Pak Kasur.

Inti

2. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 2 bilangan 2 angka dan satu angka.

3. Membaca Laporan Hasil pengumpulan Sumbangan.

4. Menyebutkan hak siswa di sekolah dengan melengkapi kalimat berdasarkan gambar.

5. Menuliskan kembali kalimat yang didiktekan guru.

Penutup.

6. Bermain bersama “Memindahkan Bendera”.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Ke Pekan”. Buku Tematik 1E halaman 89.

Benda benda di sekiatar siswa.

Buku Tematik 1E halaman 90-91.

Teks Laporan Hasil Pengumpulan Sumbangan.

Gambar-gambar. Buku Tematik 1E halaman 92-94.

Bendera kecil-kecil, kaleng.

Teknik permainan. Buku Tematik 1E halaman 95.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul “Naik Kelas” ciptaan AT. Mahmud.

Inti

2. Menbaca nyaring teks pendek yang berjudul Anak Nakal.

3. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara lengkap.

4. Melengkapi kaliamat dengan kata yang sesuai.

5. Menuliskan akibat bila tidak melaksanakan kewajiban.

6. Menulis tulisan tegak bersambung dengan menggunakan hurif kapital W dan X pada awal kalimat dan nama diri.

Penutup

7. Menceritakan gambar tentang anak yng malas/ tidak melkasanakan kewajibannya sebagai murid.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu ”Naik Kelas” Buku Tematik 1E halaman 96.

Teks pendek “Anak Nakal”

Contoh tulisan tegak bersambung huruf kapital W dan X.

Buku Tematik 1E halaman 97-99

Gambar “anak tertidur saat pelajran di kelas.

Buku Tematik 1E halaman 100.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

2.

Bahasa Indonesia

3.

Matematika

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi