RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Keluarga (sub tema: Sopan Santun)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 08/Keluarga/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Keluarga

Subtema : Sopan Santun

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganega raan

1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan sekolah

1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah

2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

1.2.1 Saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga

1.3.1 Menerapkan hidup rukun di rumah

1.3.2 Membandingkan sikap rukun dan tidak rukun di rumah

2.2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah

2.

Bahasa Indonesia

2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

2.2.1 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sopan sesuai waktunya

2.2.2 Mengucapkan terima kasih atas kebaikan orang lain

2.2.3 Memohon maaf kepada orang lain atas kesalahan yang diperbuat

2.2.4 Mengenal berbagai kalimat sapaan dari beberapa daerah

3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung

6.2.1 Melakukan percakapan sederhana secara berpasangan

3

Matematika

1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20

1.3.9 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka dan 1 angka

1.3.10 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka

1.3.11 Mengurangkan 3 bilangan secara berturut-turut

1.4.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan

4

Ilmu Pengetahuan Alam

1.3 Membiasakan hidup sehat

1.3.1 Melakukan olahraga secara teratur

1.3.5 Melakukan istirahat agar tubuh sehat dan kuat

1.3.6 Menjelaskan cara beristirahat

1.3.7 Menjelaskan akibat kurang beristirahat

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga

1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

1.3.3 Menyebutkan bentuk kasih sayang terhadap saudara

1.4.2 Menerapkan sikap rukun dalam keluarga

Seni Budaya dan Keterampilan

5.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkat tinggi rendah

5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi rendah

12.2 Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi

5.1.1 Melakukan gerak anggota tubuh sesuai fungsinya

5.2.1 Melakukan gerakan tari sesuai iringan lagu

5.2.2 Menampilkan gerak tari sesuai iringan lagu

5.3.1 Melakukan gerak tari sesuai tingkat tinggi rendah (jinjit, jongkok) sesuai irama lagu

12.2.1 Memperagakan tarian pendek secara kelompok

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri

2.2 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan

2.1.1 Berdiri dengan sikap sempurna

2.2.1 Melakukan baris berbaris sesuai aba-aba

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Tinggal Berapa ciptaan A.T. Mahmud.

2. Membahas isi lagu.

Inti:

3. Menyelesaikan soal cerita tentang pengurangan dengan langkah-langkah pengerjaan.

4. Mencongak pengurang.

Penutup

5. Mendengarkan cerita yang berjudul Keputusan yang Benar.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu Tinggal Berapa

Soal Cerita

Cerita Keputisan yang Benar

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Balonku.

Inti:

2. Mengurangkan tiga bilangan tiga angka.

3. Menyelesaikan soal cerita tentang mengurangkan tiga bilangan dengan langkah-langkah pengerjaan.

Penutup:

4. Mendengarkan cerita yang berjudul Hati yang Berbunga.

20 menit

60 menit

60 menit

35 menit

Teks lagu Balonku.

Teknik pengurangan tiga bilangan.

Langkah-langkah penyelesaian soal cerita.

Cerita Hati yang Berbunga.

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Gerak Jalan ciptaan A.T. Mahmud

2. Bertanya jawab tentang isi lagu.

Inti:

3. Mengamati gambar tentang cara-cara beristirahat

4. Bercerita tentang cara-cara beristirahat sesuai gambar yang diamati.

5. Menjawab pertanyaan tentang cara-cara beristirahat.

6. Membaca bacaan sederhana yang berjudul Melepas Lelah.

7. Mewarnai kotak-kotak yang berisi pernyataan tentang manfaat beristirahat

Penutup:

6. Menyanyikan kembali lagu Gerak Jalan.

25 menit

35 menit

35 menit

35 menit

15 menit

20 menit

10 menit

Teks lagu Gerak Jalan.

Gambar-gambar cara beristirahat.

Bacan Melepas Lelah.

Teks lagu Gerak Jalan.

IV.

Pembukaan:

1. Melakukan baris berbaris.

Inti:

2. Mendengarkan cerita dari guru tentang Pergi Belajar.

3. Memerankan percakapanMembaca kalimat-kalimat sapaan dan mengucapkannya dalam percakapan

4. Menulis kalimat sapaan sesuai gambar

Penutup:

5. Menyanyikan lagu berjudul Selamat Siang ciptaan Pak Kasur.

60 menit

15 menit

40 menit

40 menit

20 menit

Baris Berbaris

Cerita Pergi belajar.

Teks percakapan.

Kalimat sapaan.

Gambar-gambar.

Teks lagu Selamat Siang.

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Tari Rebana ciptaan A.T. Mahmud.

2. Melakukan gerakan tari sesuai irama lagu Tari Rebana.

Inti:

3. Membaca bacaan tentang terlambat pulang

4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan

5. Menuliskan kalimat permohonan maaf, misalnya minta maaf karena terlambat pulang, minta maaf karena memecahkan bola

6. Membuat kalimat permintaan maaf berdasarkan gambar.

7. Mengamati gambar tentang bentuk-bentuk kasih sayang terhadap saudar.

8. Menuliskan bentuk kasih sayang terhadap saudara.

9. Menyusun kalimat dimulai dari kata yang digaris bawah

10. Menyalin kalimat sesuai contoh dengan huruf tegak bersambung

Penutup:

11. Mendengarkan cerita berjudul Tempat Tidur Istimewa.

35 menit

15 menit

20 menit

20 menit

15 menit

20 menit

20 menit

15 menit

15 menit

Teks lagu Tari Rebana

Bacaan Terlambat Pulang

Kalimat permohonan maaf.

Gambar-gambar bentuk kasih sayang terhadap saudar.

Cerita Tempat Tidur Istimewa.


III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

Tertulis

Pilihan Ganda

Isian singkat / melengjapi kalimat

Soal terlampir

2.

Bahasa Indonesia

Tertulis

Kinerja

Isian singkat / melengkapi kaliamat

Skala Penilaian

Soal terlampir

Format penilaian terlampir

3.

Matematika

Tertulis

Isian singkat/melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

Kinerja

Tertulis

Skala Penilaian

Pilihan ganda

Isian singkat / melengkapi

Uraian terbatas

Format penilaian terlampir

Soal terlampir

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tertulis

Pilihan ganda

Isian singkat

Uraian

Soal terlampir

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

Kinerja

Skala Penilaian

Format penilaian terlampir

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Kinerja

Skala Penilaan

Format penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Ketepatan

Format Penilaian

Mata Pelajaran : IPA

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Melakukan olah raga secara teratur

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesesuaian gerakan

Ketepatan

Keberanian

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Melakukan gerak anggota sesuai fungsinya tari yang disukai

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesesuaian

ekspresi

keberania

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Berdiri dengan sikap sempurna

Melakukan baris berbris

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesesuaian gerak denga aba-aba

Kerja sama

Keberanian

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi