RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Keluarga (sub tema: Saling Menghargai)

01 February, 2010


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 07/Keluarga/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Keluarga
Subtema : Saling Menyayangi
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.
Pendidikan Kewarganega raan
2.1 Menjelaskan penting nya tata tertib di rumah dan di sekolah
2.1.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
2.1.2 Menjelaskan manfaat tata tertib di rumah
2.1.3 Menyebutkan contoh peraturan di rumah
2.
Bahasa Indonesia
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring
4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
4.4.4 Melengkapi kalimat dengan persamaan kata
4.4.5 Menulis surat cinta sederhana untuk orangtua, guru, dan teman
3
Matematika
1.3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
1.3.7 Mengurangkan sekumpulan benda
1.3.9 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka dan 1 angka
1.3.10 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka
1.4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan
4
Ilmu Pengetahuan Alam
1.3 Membiasakan hidup sehat
1.3.1 Melakukan olahraga secara teratur
1.3.2 Menjelaskan manfaat olahraga
1.3.3 Menyebutkan macam-macam olahraga
1.3.4 Menjelaskan akibat tidak berolahraga secara teratur
5
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
1.3.1 Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak
1.3.2 Menjelaskan kasih sayang anak terhadap orang tua
Seni Budaya dan Kesenian
3.1 Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
12.1 Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
3.1.1 Menyebutkan unsur musik yang dapat dihasilkan oleh anggota tubuh
12.1.1 Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2.2 Melakukan senam sesuai iringan musik

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal
Kegiatan Belajar
Waktu
Sarana Sumber
Catatan Guru
I.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu berjudul Senam
Inti:
2. Menjelaskan manfaat senam
3. Mengisi tabel tentang jenis olah raga dan alat olah raga
4. Membaca nyaring bacaan berjudul Lari Pagi
5. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan
6. Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang tersedia
7. Membuat kalimat berdasarkan gambar
Penutup
8. Menyanyikan lagu Senam
20 menit
35 menit
35 menit
20 menit
15 menit
20 menit
15 menit
Lagu Senam,
Halaman sekolah
Tabel,
Gambar-gambar
Bacaan,
Kalimat,
Lagu Senamagu
II.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu Aku Sayang Ibu ciptaan A.T. Mahmud.
Inti:
2. Mengamati gambar tentang membalas kasih sayang orang tua.
3. Menjelaskan cara membalas kasih sayang orang tua.
4. Menulis surat untuk orang tua.
5. Membaca nyaring bacaan berjudul Ayah Sakit.
6. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan
7. Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang tersedia
8. Membuat kalimat berdasarkan gambar
Pembukaan:
9. Mendengarkan cerita berjudul Tira yang Rajin
20 menit
15 menit
20 menit
25 menit
20 menit
20 menit
10 menit
30 menit
15 menit
Lagu Aku Sayang Ibu, buku Tematik 1b Grasindo hal 86
Gambar tentang kasih sayang ibu
Surat untuk orang tua.
Bacaan Ayah sakit
Cerita Tira yang Rajin
III.
Pembukaan:
1. Mendengarkan cerita berjudul Kentongan
Inti:
2. Menjelaskan cara menjaga keamanan rumah dengan cara melengkapi kalimat dengan kata yang tersedia
3. Membaca nyaring bacaan berjudul Menangkap Pencuri
4. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan
5. Melengkapi kalimat sesuai isi bacaan
6. Melengkapi kalimat dengan persamaan kata.
Penutup:
7. Mendengarkan cerita dari guru.
20 menit
120 menit
35 menit
Cerita Kentongan
Bacaan Menangkap Pencuri. Kalimat
Cerita,
IV.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu berjudul Tinggal Berapa
Inti:
2. Mengubah syair lagu dalam bentuk kalimat matematika
3. Mengurangkan 2 kumpulan benda.
4. Mengerjakan soal pengurangan berdasarkan gambar
5. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka secara bersusun panjang
Penutup:
6. Melakukan senam bersama.
25 menit
100menit
50 menit
Lagu Tinggal Berapa.
Benda-benda di dalam kelas
Gambar
Senam
V.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu Tinggal Berapa dan membahas isi lagu
Inti:
2. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka dengan cara bersusun pendek
3. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka dengan cara mendatar.
Penutup:
4. Mendengarkan cerita Mengapa Si raksasa Marah.
20 menit
65 menit
60 menit
30 menit
Lagu Tinggal Berapa
Gambar, benda-benda di sekitar.
Cerita Mengapa si Raksasa marah.

III. Penilaian

No
Mata Pelajaran
Penilaian
Keterangan
Bentuk
Teknik
1.
Pendidikan Kewarganegaraan
Tertulis
Pilihan Ganda
Isian singkat / melengjapi kalimat
Soal terlampir
2.
Bahasa Indonesia
Kinerja
Tertulis
Skala Penilaian
Isian singkat / melengkapi kalaiamt
Format penilaian terlampir
Soal terlampir
3.
Matematika
Tertulis
Isian singkat/melengkapi
Soal terlampir
4.
Ilmu Pengetahuan Alam
Kinerja
Tertulis
Skala Penilaian
Pilihan ganda
Isian singkat / melengkapi
Uraian terbatas
Format penilaian terlampir
Soal terlampir
5
Ilmu Pengetahuan Sosial
Tertulis
Pilihan ganda
Isian singkat
Uraian
Soal terlampir
5.
Seni Budaya dan Ketrampilan
Kinerja
Skala Penilaian
Format penilaian terlampir
6.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kinerja
Skala Penilaan
Format penilaian terlampir


Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Nilai akhir
Lafal
Intonasi
Ketepatan
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Memilih gerak tari yang disukai
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kesesuaian
ekspresi
keberania
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes dan IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan olah raga secara teratur
Melakuakn snam sesuai iringan musik
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kesesuaian gerakan
Ketepatan
Keberanian
...................., .................... 20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi