RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Keluarga (sub tema: Makan Bersama)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 05/Keluarga/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Keluarga

Subtema : Makan Bersama

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.2 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah

2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah

1.2.1 Saling membantu dalam meyelesaikan pekerjaan rumah tangga

1.2.2 Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah

2.1.4 Membedakan perbuatan tertib dan tidak tertib

2.1.5 Menjelaskan pentingnya peraturan di rumah

2.1.6 Menjelaskan akibat melanggar peraturan di rumah

2.

Bahasa Indonesia

1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita

3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas

3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas

4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung

3

Matematika

1.1 Membilang banyak benda

1.2 Mengurutkan banyak benda

1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

1.1.1 Membilang dan menyebutkan banyak benda

1.1.2 Menghitung banyaknya teman sekelas

1.1.3 Membaca lambang bilangan

1.1.4 Menulis lambang bilangan

1.1.5 Menulis nama bilangan

1.2.3 Mengurutkan sekelompok benda

1.2.4 Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar

1.2.5 Mengurutkan bilangan dari terbesar ke terkecil

1.2.7 Melengkapi urutan bilangan

1.3.1 Menjumlahkan 2 kumpulan benda

1.3.3 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dan 2 angka

1.3.6 Menggunakan sifat pengelompokan untuk mempermudah penjumlahan

4.3.1 Menyebutkan nilai tempat suatu bilangan 2 angka

4

Ilmu Pengetahuan Alam

1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

1.2.1 Mengelompokkan makanan sehat menurut jenisnya

1.2.2 Menjelaskan kegunaan makanan bagi tubuh

1.2.3 Menjelaskan akibat makan makanan tidak sehat

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat

2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

1.1.7 Menjelaskan hubungan kekerabatan

1.1.8 Menjelaskan kedudukan masing-masing anggota keluarga

2.1.3 Menjelaskan makanan pokok berbagai suku

2.1.4 Mengenal ritual makan bersama pada berbagai suku

Seni Budaya dan Keterampilan

10.3 Mengekspresikan diri melalui vokal, alat musik atau sumber bunyi sederhana

10.3.1 Mengekspresikan diri melalui lagu

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

6.3 Memraktikkan gerak dasar menangkap objek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

11.3 Memraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik

6.3.1 Memraktikkan gerak melempar benda ke objek tertentu

11.3.1 Makan makanan sehat secara bersama-sama dengan sopan

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Sayang Kakek ciptaan Pak Kasur.

2. Bertanya jawab tentang isi lagu.

Inti

3. Mendengarkan cerita tentang Kedatangan Kakek.

4. Mengamati dan membaca gambar silsilah keluargakakaek

5. Melengkali kalimat berdasrkan gambar.

6. Memasangkan gambar tentang keluarga.

7. Membaca suku karta, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf ng dan ny.

8. Menceraikan kata menurut suku katanya.

9. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang diucapkan guru.

Penutup

10. Mendengarkan cerita yang berjudul Jangan Bawa Pulang Masalah

15 menit

15 menit

35 menit

10 menit

15 menit

20 menit

25 menit

20 menit

20 menit

Teks lagu

Sayang Kakaek

Cerita Kedatangan Kakek.

Gambar Silsilah keluarga Kakek

Kartu huruf, suku kata, kata, dan kalimat sedehana.

Cerita Jangan Bawa Pulang Masalah.

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan yang berjudul Makanan Sehat versi lagu Sayang Semua ciptaan Pak Kasur.

2. Bertanya jawab isi lagu.

Inti

3. Mendengarkan cerita yang berjudul Makan Bersama

4. Menyebutkan makana Sehat.

5. Membaca bacaan sedehan yang berjudul Cerota kakek.

6. Menjawab pertanyaan bacaan dengan singkat.

7. Menjelaskan kegunaan makanan.

8. Menjelaskan akibat jika jurang makan.

9. Mengelompokkan makana berdasarkan jenisnya dengan cara mengisi table.

Penutup

10. Mewarnai gambar makana sehat.

15 menit

20 menit

15 menit

20 menit

15 menit

20 menit

20 menit

15 menit

35 menit

Teks lagu Makanan Sehat.

Cerita Makan Bersama.

Gambar makan sehat.

Teks bacaan Cerita kakek.

Tabel jenis-jenis makanan.

Gambar sketsa makanan sehat.

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul makan jangan bersuara ciptaan Pak Kasur.

2. Bertanya jawab tentang isi lagu.

Inti

3. Mendengarkan cerita yang berjudul Tata Tertib di Rumah.

4. Bertanya jawab tentang isi cerita.

5. Menuliskan aturan-aturan yang berlaku di rumah.

6. Membedakan perbuatan tertib dan tidak tertib dengan memberi tanda cek (√) pada tabel.

7. Menuliskan akibat melanggar peraturan di rumah.

8. Mwmbaca, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf f dan v.

9. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang diucapkan guru.

10. Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan tulisan lepas dan tulisan tegak bersambung. ( Huruf f dan v )

Penutup

11. Menyanyikan kembali lagu Makan jangan Bersuara.

10 menit

10 menit

15 menit

20 menit

25 menit

15 menit

15 menit

20 menit

35 menit

10 menit

Teks lagu Makan Jangan Bersuara.

Cerita tata tertib di rumah.

Table perbuatan baik dan tidak baik.

Kartu huruf f dan v. Kata dan kalimat sederhana.

Teks lagu

Makan Jangan Bersuara

IV.

Pembukaan:

1. Bermain bola keranjang.

Inti

2. Membaca lambang bilangan 11-20.

3. Menuliskan nama bilangan 1-20

4. Menghitung banyak benda.

5. Menggambar banyak benda.

6. Membandingkan 2 bilangan dengan tanda lebih kecil (<), lebih besar (>) atau sama dengan (=).

7. Mengurutkan bilangan dari yang terkecil.

8. Mengurutkan bilangan dari yang terbesar.

Penutup

9. Mendengarkan dongeng yang berjudul Willi dan Balonnya.

35 menit

15 menit

25 menit

20 menit

35 menit

15 menit

20 menit

10 menit

Teknik permainan, bola

Lambang bilangan 11-20.

Benda-benda di kelas.

Gambar-gambar.

Dongeng Willi dan Balonnya

V.

Pembukaan:

1. Membaca komik.

Inti

2. Menentukan nilai tempat suatu bilangan.

3. Menjumlahkan 2 kumpulan benda.

4. Menjumlahkan 2 bilangan satu angka.

5. Menjumlahkan 2 bilangan 2angka dan 1 angka.

Penutup

6. Mendengarkan cerita.

35 menit

25 menit

30 menit

35 menit

35 menit

Komik

Benda-benda di dalam kelas.

Gambar-gambar.

Dongeng.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

Tertulis

Pilihan Ganda

Isian singkat / melengjapi kalimat

Uraian terbatas

Soal terlampir

2.

Bahasa Indonesia

Tertulis

Kinerja

Isian singkat / melengkapi kalaiamt

Skala Penilaian

Soal terlampir

Format penilaian tetlampir

3.

Matematika

Tertulis

Isian singkat/melengkapi

Soal terlampir

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

Tertulis

Pilihan ganda

Isian singkat / melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tertulis

Kinerja

Pilihan ganda

Isian singkat / melengkapi

Uraian

Skala Penilaian

Soal terlampir

Format penilaian tetlampir

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

Kinerja

Skala Penilaian

Format penilaian tetlampir

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Kinerja

Skala Penilaan

Format penilaian tetlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca kata dengan lafal yang jeklas

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Keberanian

Format Penilaian

Mata Pelajaran : IPS

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mengenal ritual makan bersama pada berbagai suku ( Mewarnai gambra ritul tumpeng).

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Komposisi warna

Kesesuaiana

Kerapian

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mengekspresikan diri melalui lagu.

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Keberanian

ekspresi

vokal

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mempraktikan gerak melempar benda ke objek tertentu

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Ketangkasan

Keberania

Banyaknya bola

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi